nusakini.com-Bandung-Persib Bandung tengah mempersiapkan tim untuk ambil bagian di turnamen sepakbola putri bertajuk Piala Pertiwi. Turnamen ini akan lebih dulu digelar di tingkat provinsi. Awalnya turnamen akan digelar tahun 2021, tapi mengalami penundaan dan direncanakan bergulir pada Februari 2022 mendatang.

Pelatih Persib Putri, Iwan Bastian mengatakan, timnya masih dalam tahap pembentukan. Para pemainnya merupakan hasil penjaringan di Akademi PERSIB yang tersebar di 17 titik di Jawa Barat. Sebanyak tiga tim putri terbentuk atas nama PERSIB, Bandung United dan Maung Anom.

"Para pemain Persib Putri berasal dari Akademi Persib. Tidak hanya Kota Bandung tapi juga melibatkan seluruh cabang. Bahkan tidak hanya tim Persib Putri, tapi juga sudah ada Bandung United dan Maung Anom Putri," kata Ibas -- sapaan akrab Iwan Bastian, Kamis 16 Desember 2021.

Seiring dengan usahanya membentuk tim, Ibas juga terus menempa fisik, teknik dan membekali para pemain dengan pemahaman taktik. Khusus soal taktik, dirinya menjejali para pemain dengan sejumlah agenda uji tanding.

"Pekan kemarin kami menjalani trofeo dan bertemu dengan Maung Anom di final. Besok kami punya agenda di Brebes dan trofeo lainnya di Semarang, 19 Desember nanti. Ini sangat berharga untuk pemain agar mengenal atmosfir sepakbola di luar Jawa Barat dan yang pasti dalam mengevaluasi kemampuan mereka," terangnya.(rls)